Sertifikasi ISO

Sertifikasi ISO adalah sebuah tolak ukur atau penilaian pada sebuah perusahaan dalam penerapan sistem manajemen, Perusahaan yang telah ter-sertifikasi ISO akan terlihat lebih kredibel dan dipercayai oleh pelanggan. Sebab sertifikasi ISO tidak bisa didapatkan secara sembarangan, melainkan melalui proses berbagai macam audit dan seleksi yang cukup ketat oleh suatu badan sertifikasi.

Badan Sertifikasi ISO sendiri memiliki tujuan untuk melakukan penilaian dan memberikan sertifikat pada sebuah perusahaan / organisasi yang bergerak disemua sektor. Dengan tujuan agar dapat membantu perusahaan atau organisasi meningkatkan angka perdagangan internasional dari berbagai negara yang ada di dunia.

Sertifikasi ISO juga merupakan bukti dari pihak ketiga bahwa perusahaan telah mematuhi standar internasional. Hal ini dapat menunjukan kepada pihak yang berkaitan dengan perusahaan seperti investor, pemasok, karyawan hingga konsumen perusahaan bahwa perusahaan berjalan dengan baik yang memiliki struktur, konsisten dan siap untuk bertumbuh dan berkembang.

Beberapa Manfaat  bagi perusahaan bila telah ter-sertifikasi ISO adalah :

1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan Serta Kepercayaan Pelanggan

Dengan menerapkan sistem manajemen mutu, sebuah perusahaan akan dapat menjamin kredibilitas mereka. Yang dimaksud kredibilitas di sini adalah kendali proses dan prosedur sebuah perusahaan dimana memastikan apabila terdapat sesuatu yang tidak beres maka antisipasi akan dilakukan dengan cepat. Pada akhirnya kredibilitas ini akan menghasilkan nilai positif dalam kepuasan pelanggan.

2. Jaminan Atas Kualitas dengan Standar Internasional

Untuk mendapatkan Standardisasi ISO sebuah perusahaan harus melalui sebuah siklus pasti yang dikenal dengan PDCA yakni identifikasi, analisa, dan eksekusi sebuah penyelesaian masalah untuk menjamin mutu internasional. Siklus atau prinsip ini adalah prinsip internasional yang juga diterapkan di segala jenis industri.

3. Menghemat Biaya

Standar ISO akan memungkinkan suatu perusahaan untuk menerapkan sistem manajemen khusus yang membantu mereka untuk mengetahui kinerja perusahaan secara menyeluruh. Jika ada indikasi bahwa produk akan gagal atau kinerja perusahaan menurun maka antisipasi akan segera dilakukan. Hal itu juga secara tidak langsung berarti mencegah kemungkinan pemborosan anggaran terkait produk atau kinerja yang buruk tersebut.

4. Mengoptimalkan Kinerja Karyawan

Kembali kepada prinsip manajemen mutu, semua prinsip tersebut ditetapkan untuk dapat diikuti oleh seluruh karyawan dari level staff hingga level eksekutif dalam sebuah perusahaan. Hal ini akan memacu para karyawan untuk dapat menjaga kualitas, efisiensi, serta produktivitas mereka dalam standar ISO yang telah ditetapkan sebelumnya.

5. Meningkatkan Image Perusahaan

Salah satu keuntungan paling jelas dari perusahaan yang telah mendapatkan sertifikasi ISO adalah tentunya image atau brand perusahaan akan menjadi jauh lebih positif.

Itulah semua keuntungan yang dapat didapatkan atas adanya sertifikasi ISO dan alasan mengapa sertifikasi itu penting. Semua keuntungan ini pada akhirnya secara lambat laun akan meningkatkan laba perusahaan.