ISO 45001

ISO 45001 adalah standar yang diakui secara global yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (OH&S). Ini membantu organisasi untuk secara proaktif meningkatkan kinerja K3 mereka dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman. Tujuannya adalah untuk mencegah cedera terkait pekerjaan, kesehatan yang buruk dan kematian dengan menyediakan kerangka kerja untuk sistem manajemen K3 yang efektif. Sertifikasi ISO 45001 memvalidasi bahwa suatu organisasi telah menerapkan sistem manajemen K3 yang memenuhi persyaratan standar.

Manfaat Sertifikasi ISO 45001

  • Sertifikat ISO 45001 menunjukkan bahwa perusahaan Anda memiliki sistem dan kontrol yang diperlukan untuk mengatasi masalah kesehatan dan keselamatan secara efektif.
  • Sertifikasi ISO 45001 juga menunjukkan kepada klien, pekerja, dan pemangku kepentingan lainnya bahwa Anda berdedikasi pada keselamatan dan pengurangan risiko.
  • Standar ISO 45001 menyediakan kerangka kerja untuk meningkatkan kinerja keselamatan, menjadikan tempat kerja Anda lebih aman.
  • ISO 45001 dapat membantu Anda meningkatkan komunikasi dan konsultasi dengan pekerja tentang masalah kesehatan dan keselamatan.
  • Sertifikat ISO 45001 dapat memberi perusahaan Anda keunggulan kompetitif, membuat Anda lebih menarik bagi klien dan investor.
  • Sertifikasi ISO 45001 juga menghasilkan penghematan biaya, karena tempat kerja yang lebih aman biasanya lebih produktif.
  •  

Standar ISO 45001 dapat digunakan oleh perusahaan dan organisasi dari semua ukuran dan industri. Dengan demikian, bahkan organisasi kecil, otoritas publik atau administrasi kota dapat memperoleh manfaat dari standar tersebut. Kesehatan dan keselamatan kerja mempengaruhi setiap karyawan di perusahaan. Dengan mematuhi persyaratan ISO 45001, perusahaan atau organisasi memastikan keselamatan yang andal di tempat kerja.

Sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja menurut ISO 45001 mengikuti struktur dasar standar sistem manajemen penting lainnya, yang disebut High Level Structure (HSL). Hal ini membuat ISO 45001 kompatibel dengan, misalnya, ISO 9001 (kualitas) dan ISO 14001 (lingkungan) dan oleh karena itu sangat cocok sebagai bagian dari sistem manajemen terintegrasi.